RSS

CRITICAL REVIEW OF JOURNAL 2

27 Apr

Judul : Pengembangan Materi Luas Permukaan dan Volum Limas yang Sesuai Dengan Karakteristik PMRI di Kelas VIII SMP Negeri 4 Palembang.

Pengarang : Hariyati1, Indaryanti2, Zulkardi3

Sumber : Jurnal Pendidikan Matematika Volume 2. No. 1 January 2008

A. LATAR BELAKANG DAN TUJUAN PENELITIAN

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 4 Palembang, dimana pada sub pokok bahasan limas siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep limas, dan dalam mengerjakan soal siswa masih salah dan bingung untuk menentukan apa yang diketahui dari soal yang diberikan. Selain itu, meskipun SMP Negeri 4 Palembang merupakan sekolah yang telah menerapkan kurikulum KTSP, namun dalam proses pembelajaran guru menggunakan buku ajar yang kurang menyajikan materi yang kontekstual walaupun dalam KTSP jelas menekankan bahwa pembelajaran harus diawali dengan masalah kontekstual.

PMRI merupakan salah satu pendekatan yang didalamnya menggunakan permasalahan-permasalahan kontekstual dalam memulai suatu pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan PMRI, setiap guru dituntut untuk mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik PMRI dan dapat memanfaatkan berbagai konteks yang dikenal siswa untuk dijadikan sumber atau media dalam proses matematisasi sebuah konsep matematika.

Berdasakan hal inilah sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan konteks piramida, kue, atap mushola, dan tenda menjadi mteri pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik PMRI di kelas VII SMP N. 4 Palembang pada sub pokok bahasan luas permukan dan volum limas.

B. METODE

Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (development research) dengan mengikuti langkah formative evaluation yang d kembangkan oleh Tessmer (1993), sebagai berikut :

 

Gambar 1. Alur Desain Formative Evaluation (Tessmer, 1993)

Metode Pengumpulan Data

1. Wawancara

2. Analisis Dokumen

3. Observasi

4. Penilaian Tertulis (Tes)

5. Angket

Prosedur Penelitian

Persiapan Evaluasi

Tahap ini merupakan tahap awal sebelum dilaksanakan evaluasi formatif. Pada tahap ini peneliti mendesain materi ajar yang berupa buku siswa dan menentukan subjek penelitian serta waktu pelaksanaan evaluasi materi ajar.

1. Expert Review

Pada tahap ini buku siswa yang dikembangkan dikonsultasikan kepada guru matematika, dosen pembimbing dan pakar PMRI. Pada tahap ini evaluasi buku siswa difokuskan pada kesesuaian materi ajar dengan lima karakteristik dan tiga prinsip PMRI. Pendapat dari guru matematika, dosen pembimbing, dan pakar PMRI dijadikan dasar untuk merevisi buku siswa.

2. One-to-one

Pada tahap ini peneliti memberikan buku siswa kepada salah seorang rekan peneliti. Rekan peneliti diminta untuk mengevaluasi buku siswa dalam hal kejelasan, kebermaknaan gambar, dan kesesuaian konteks dengan materi ajar. Pendapat dari rekan peneliti dijadikan dasar untuk merevisi buku siswa.

3. Small Group

Pada tahap ini buku siswa yang telah direvisi diujicobakan kepada kelompok kecil yang bukan subjek penelitian. Pada tahap ini peneliti berperan sebagai guru pembimbing sekaligus sebagai observer. Hasil pekerjaan siswa baik dari soal latihan, pekerjaan rumah, dan tes diperiksa dan dianalisis. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada soal-soal yang perlu direvisi.

4. Field Test

Pada tahap ini hasil buku siswa yang telah direvisi dan dinyatakan valid, kemudian diujicobakan kepada subjek penelitian.

C. HASIL DAN PEMBAHASAN

Dari hasil pengembangan materi ajar yang dilakukan maka diperoleh prototype pertama yang dikaitkan dengan karakteristik dan primsip PMRI sebagai berikut :

Keterkaitan prototipe pertama dengan kelima karakteristik PMRI, yaitu :

1. Menggunakan konteks

Konteks yang digunakan pada materi luas permukaan dan volum limas adalah piramida, atap mushola, pagar tembok, kue, dan tenda.

2. Menggunakan model

Model disini berupa model situasi berupa gambar piramida, atap mushola, pagar tembok, kue, dan tenda. Selain model situasi pada prototipe pertama ini juga digunakan model matematika berupa gambar limas segilima, limas segienam, dan limas segidelapan.

3. Menggunakan kontribusi siswa

Pada kegiatan pembelajaran siswa diberi kesempatan untuk meberikan kontribusi, seperti ide atau pendapat dalam berdiskusi dan beraktivitas.

4. Interaktivitas

Pada materi luas permukaan dan volum limas prototip pertama, siswa diberi kesempatan bekerjasama dan berdiskusi dengan teman sekelompok dalam melakukan aktivitas. Proses kerjasama dan diskusi yang terjadi ini merupakan sarana untuk mewujudkan kondisi belajar yang interaktif.

5. Terintegrasi dengan topik pembelajaran lain

Materi luas permukaan dan volum limas prototip pertama tidak hanya terkait dengan pelajaran matematika, tetapi juga pelajaran IPS. Hal ini terlihat dari gambar piramida yang terkait dengan pelajaran IPS.

Keterkaitan prototip pertama dengan tiga prinsip PMRI, yaitu :

1. Menemukan kembali

Melalui penggunaan konteks piramida siswa diberikan kesempatan untuk membangun pemahaman mengenai definisi limas. Pada penggunaan konteks kue siswa diberi kesempatan untuk menemukan kembali rumus luas permukaan dan volum limas.

2. Fenomena didaktik

Penggunaan konteks piramida dan kue merupakan fenomena mendidik untuk mengenalkan materi luas permukaan dan volum limas kepada siswa.

3. Pengembangan model sendiri

Berangkat dari penggunaan konteks diharapkan siswa dapat membangun model sendiri. Sebagai contoh, pada gambar piramida siswa diberi kesempatan untuk menghayal bentuk piramida jika dilihat dari depan, kiri dan atas, kemudian menggambarkannya.

Selanjutnya hasil prototipe pertama ini direvisi berdasakan hasil evaluasi yang dilakukan pada tahap expert review dan one-to-one sehingga menghasilkan prototipe kedua yang akan di ujicobakan pada tahap Small Group. Kemudian hasil prototipe ke 2 ini di revisi lagi kemudian dicobakan pada tahap Field Test.

Hasil observasi aktivitas siswa pada field Test adalah sebagai berikut :

Interval Skor Rata-rata Frekuensi Kategori Aktivitas Siswa

6,5 – 8,0 15 Sangat Aktif

4,9 – 6,4 13 Aktif

3,3 – 4,8 7 Cukup Aktif

1,7 – 3,2 2 Kurang Aktif

Rata-rata 5,89 Aktif

Hasil dan análisis Data Penilaian Tertulis Siswa pada Field Test adalah sebagai berikut :

Nilai Akhir Frekuensi Kategori Hasil Belajar

86 – 100 7 Sangat Baik

71 – 85 19 Baik

56 – 70 7 Cukup

41 – 55 3 Kurang

0,0 – 40 1 Sangat Kurang

Rata-rata 74,97 Baik

Hasil, análisis, dan pembahasan data angket tentang siswa setelah proses pembelajaran :

Interval Skor Rata-rata Frekuensi Kategori

21,1 – 25,0 11 Sangat Setuju

17,1 – 21,0 26 Setuju

Rata-rata 15,62 Setuju

Berdasarkan tabel di atas, terdapat 37 siswa (100%) menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran matematika menggunakan buku siswa. Penilaian sikap siswa juga dapat dilihat dari hasil angket terbuka. Berikut salah satu komentar siswa tersebut yaitu : “Menarik dan menyenangkan, dapat memberi kesempatan untuk berdiskusi dan mengemukakan pendapat.”

Langkah terakhir dilakukan Rvisi akhir oleh pakar dan dari revisi ini dianggap sebagai hasil akhir yang baik untuk digunakan oleg guru dan siswa kelas VIII dalam mempelajari materi luas permukaan dan volum limas.

D. KESIMPULAN

Hasil dari penelitian ini berupa buku siswa untuk materi luas permukaan dan volume limas yang sesuai dengan karakteristik PMRI. Dimana buku siswa tersebut harus memenuhi lima karakteristik PMRI, yaitu:

1. Menggunakan konteks piramida, atap mushola, kue, pagar tembok, dan tenda.

2. Menggunakan model situasi berupa gambar piramida, atap mushola, kue, pagar tembok, dan tenda. Sedangkan untuk model matematika berupa gambar limas segitiga, limas segilima, limas segienam, dan limas segidelapan.

3. Menggunakan kontribusi siswa. Dalam hal ini siswa diberi kesempatan bekerja untuk menemukan kembali rumus luas permukaan dan volum limas.

4. Interaksi antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru dapat dilihat dari proses diskusi yang terjadi antara anggota kelompok.

5. Terkait dengan topik pembelajaran lain yaitu luas segitiga, luas trapesium, teorema Pythagoras, perbandingan, dan dengan pelajaran IPS seperti gambar piramida.

Dan buku siswa ini baik karena dilihat dari aktivitas siswa yang menunjukkan kategori aktif, hasil belajar siswa yang menunjukkan kategori baik, serta sikap siswa yang cenderung positif.

E. CRITICAL REVIEW

Secara keseluruhan jurnal ini sudah cukup baik dan telah memenuhi standard penulisan, ada beberapa hal yang menjadi critical review antara lain dari judul penelitian yang ada peneliti ingin mengembangkan materi luas permukaan dan volum limas yan sesuai dengan karakteristik PMRI, namun di dalam isi penulisan bahkan dalam kesimpulan penulis menggunakan kata “BUKU SISWA. Artinya terjadii inkonsistenan pada tulisan ini.

Selain itu, dalam proses penelitian pengembangan biasanya prodak yang dihasilkan harus memiliki kriteria valid dan praktis. Untuk kevalidan materi yang dikembangkan penulis secara detail telah menjelaskannya dengan analisis validitas oleh pakar (expert) dalam tahap formative evaluation yang dijelaskan diatas. Namun dalam segi kepraktisan penulis belum menjelaskan secara detail apakah materi yang dikembangkan ini telah praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran luas permukaan dan volum limas.

Penelitian yang peneliti laksanakan ini jelas menggunakan format penelitian pengembangan (Development Research). Namun pada metode penelitian penulis menggunakan kata penelitian dan pengembangan (Research and Development). Perlu dibedakan antara Developmet Research (DM) dan Research and Development (RM). DM merupakan proses penelitian untuk mengembangkan sesuatu yang valid dan praktis serta apakah produk yang dikembangkan tersebut memiliki efek potensial terhadap subjek yang dikenakan produk tersebut. Sedangkan RM lebih menekankan pada aspek pengembangan produk berdasarkan penelitan dasar yang dilaksanakan sebelumnya. Artinya peneliti pengembangkan produk berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, sehingga dinamakan RD.

F. DAFTAR PUSTAKA

Jurnal Pendidikan Matematika, volume 2. No.1, januari 2008. Palembang : Program Studi Magister Pendidikan Matematika PPs UNSRI

 

 

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: