RSS

KILAS BALIK TENTANG PENGEMBANGAN “NAVEL’S BLOG” / SUATU REVIEW TENTANG APA, MENGAPA DAN BAGAIMANA BLOG INI

30 Des

NAVEL’S BLOG
“MATEMATIKA HIDUP UNTUK MENGHIDUPKAN ILMU LAINNYA”

Berawal dari inspirasi yang diberikan oleh Prof. Dr. Zulkardi, M.I.Komp, M.Sc pada perkuliahan ICT in Mathematics Education kurang lebih 5 bulan yang lalu untuk membuat sebuah Blog Pribadi yang berisikan tentang informasi perkuliahan, maupun pengembangan pendidikan matematika, maka saya memberanikan diri untuk membuat sebuah blog pribadi sebagai jawaban atas inspirasi tersebut. Blog ini pertamakali diterbitkan pada tanggal 20 Agustus 2011 dan terus di evaluasi dan di kembangkan sehingga blog ini dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pengembangan dunia pendidikan matematika di Indonesia.

Blog ini saya beri nama NAVEL’S BLOG dengan HeadlineMatematika Hidup Untuk Menghidupkan Ilmu Lainya”. Headline tersebut saya adaptasi dari motto yang disampaikan seorang pahlawan nasional dari Sulawesi Utara yakni Dr. G. S. S. Ratulangi yang juga merupakan DOKTOR matematika pertama di Indonesia. Motto beliau adalah “SI TOU TIMOU TUMOU TOU”, yang artinya Manusia hidup, untuk memanusiakan manusia lain” atau dalam dialek melayu manado sering disebut dengan “BAKU BEKENG PANDE”. Saya berharap dengan hadirnya blog ini dapat juga membawa spirit “Baku Bekeng Pande” ke dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan matematika di Indonesia, sehingga matematika bisa menjadi jawaban atas persoalan bangsa yang kita hadapi saat ini.

Gambar 1. Tampilan awal Blog

Blog ini berisi beberapa konten utama yang terdiri dari halaman Home, Buku Tamu, E-Book, RPP, Modul, IMPoME Course, Info Beasiswa, Galery, PMRI, dan Tentang Saya, yang lebih jelasnya akan saya jelaskan sebagai berikut :

1. Home

Halaman ini berisikan tentang artikel terbaru yang saya terbitkan dan juga sebagai tampilan awal dari blog ini.

2. Buku Tamu

Halaman ini dibuat sebagai wadah tempat memberikan kritik, saran, apresiasi, maupun curhatan pembaca dan pengikut blog ini. Selain itu sebagai sarana evaluasi dalam pengembangan blog ini selanjutnya.

Gambar 2. Konten Buku Tamu

3. E-Book

Pada halaman ini disajikan beberapa sub-konten untuk guru, siswa, maupun mahasiswa. Konten untuk guru berisikan beberapa buku dan beberapa sumber bahan ajar yang bisa dipakai sebagai bahan rujukan bagi guru. Sedangkan untuk siswa berisikan link Soal Online yang dapat menjadi sarana latihan bagi peningkatan kemampuan matematika siswa. Selain itu, untuk sub-konten mahasiswa berisi buku-buku yang di perlukan untuk bahan perkuliahan bagi mahasiswa jurusan matematika maupun pendidikan matematika.

Gambar 3. Konten E-Book

4. RPP

Halaman ini berisikan beberapa link ke blog yang menyediakan RPP bagi SD, SMP, SMA, maupun SMK. Hal ini dimaksudkan untuk membantu guru dalam memperoleh contoh-contoh RPP yang ada, sehingga dapat memudahkan guru dalam membuat perangkat pembelajaran.

5. Modul

Isi dari halaman ini adalah beberapa modul pembelajaran matematika yang pernah saya buat sebelumnya antara lain Modul Praktikum Perkuliahan Kalkulus 1 dan 2, Modul Suku Banyak, Modul Logika, Modul Geometri, Modul Aljabar, dll.  Hal ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran mandiri bagi siswa, dan juga sebagai bahan rujukan buat guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang ada.

Gambar 4. Konten Modul

6. IMPoME Course

Halaman ini berisikan artikel, bahan kuliah, tugas, maupun buku sumber yang saya dapatkan selama menuntut ilmu pada program IMPoME (International Master Program on Mathematics Education) di Universitas Sriwijaya Palembang.

7. Info Beasiswa

Halaman ini berisikan informasi-informasi  seputar beasiswa baik dalam maupun luar negeri, dan juga beberapa tips yang saya berikan untuk bisa mendapatkan beasiswa. Namun, untuk mendapatkan beasiswa semuanya tergantung juga pada niat, usaha, dan ridho dari yang Maha Kuasa.

8. Galery

Pada halaman ini memuat beberapa foto aktivitas yang saya jalankan sehari-hari, maupun kenangan-kenangan yang saya alami.

9. PMRI

Halaman ini berisikan tentang penjelasan mengenai Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang merupakan salah satu kajian pendidikan matematika yang sedang saya tekuni saat ini.

10. Tentang Saya

Pada halaman ini disajikan informasi mengenai saya pribadi, mulai dari riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, dan beberapa prestasi yang pernah saya raih yang umumnya bersifat pribadi.

Gambar 5. Konten Tentang Saya

Selain beberapa konten utama yang telah saya jelaskan diatas, blog ini juga dilengkapi beberapa sidebar yang berisi beberapa link beberapa webside tentang pendidikan matematika, jurnal ilmiah, news, maupun game online pembelajaran matematika. Selain itu blog ini juga dilengkapi beberapa widget seperti kalender, translator, flag counter, kategori tulisan, kolom komentar pembaca, maupun arsip tulisan-tulisan yang sudah di posting sebelumnya. Untuk memudahkan pembaca dalam mencari infromasi dan artikel-artikel yang terdapat pada blog ini, blog ini menyediakan fasilitas “search” yang memungkinkan pembaca untuk mencari artikel hanya dengan mengetikkan kata kuncinya pada tempat yang disediaka. Demi memudahkan komunikasi saya dan pembaca, blog ini saya lengkapi dengan facebook badge, maupun twitter badge yang berisi status-status terbaru yang saya miliki pada akun Facebook maupun twitter. Berikut ini beberapa sidebar yang terdapat di blog ini :

Gambar 6. Side Bar

Demikianlah beberapa penjelasan dari blog yang saya buat. Blog ini masih jauh dari kata sempurna oleh itu saya sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca setia blog ini, dan kiranya blog ini dapat bermanfaat bagi pengembangan dunia pendidikan matematika di Indonesia. Jayalah negeriku, jayalah bangsaku, Hidup Matematika !

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 30, 2011 in Berita, Uncategorized

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

 
